Sunday, January 22, 2006

CINTA PERTAMA DAN UTAMA

Cinta adalah perasaan. Perasaan tak dapat di lihat oleh pandangan mata.setiap orang yang merasakan cinta. Bayangkan lah bagaimana indahnya perasaan seseorang yang sedang mendapatkan kekasih si jantung hati. Alangkah bahagianya dan lega hatinya bila berada di samping kekasihnya itu.

Cinta anatara sesama manusia, anatara suami-istri, anatara sanak keluarga hanya merupakan cinta kecil dan bisa jadi tidak abadi adanya. Sedangkan cinta terhadapa Allah merupakan cinta pertama dan utama, sekaligus merupakan cinta kaliber besar, tertinggi dan teragung melebihi segala cinta.

Cinta kepada Allah harus di utamakan dari cinta seseorang kepada yang lainnya. Cinta kepada Allah tidak boleh di nomor duakan, apalagi di letakkan pada urutan terakhir. Seseorang yang tidak mendudukan permasalah ini pada tempatnya, maka pada dasarnya ia benar-benar belum paham akan hakikat hidup dan rasa cinta. Allah berfirman dalam Al-Quran

Katakanlah : "jika bapak-bapak, anak-anak, saudara-saudara, istri-istri, harta kekayaan yang kamu usahakan, perniagaan yang kamu khawatirkan kerugiannya, dan rumah-rumah tempat tinggal yang kamu sukai, adalah lebih kamu cintai daripada Allah dan Rasul-Nya dan (dari) berjihad di jalan-Nya, maka tunggulah sampai Allah mendatangkan keputusan-Nya." Dan Allah tidak memberi petunjuk kepada orang-orang fasik.(QS. At-taubah[9]:24)

Cinta kepada Allah adalah cinta di atas segala-galanya. Barangsiapa yang mendahulukan cinta kepada selainNya, maka sebenarnya hatinya telah sakit, jiwa telah kosong, pikirannya tidak sehat dengan pemahaman yang benar

SEBAB TUMBUHNYA CINTA

Segala sesuatu muncul atau terjadi pada mahluk ini di dahului dengan sebab-sebab cinta. Hal demikian merupakan sunnatullah atau hukum yang berlaku pada alam ini atas kehendak Allah
"Dan kami datangkan akan dia dari tiap-tiap suatu itu ada sebab. Maka ia ikuti sebab itu." (QS. Al-kahfi[18]:84-85
Demikian pula halnya dengan cinta. Cinta kepada seseoarang itu tidak akan datang kecuali dengan sebab. Cinta kepada Allah begitu pula adanya.

Berikut sebab-sebab tumbuhnya cinta kepada Allah :
1. Mengenal-Nya dengan Benar
Mengenal Allah mulai dari sifat Nya dan Dzat Nya sampai pada kekuasaannya

2. Membaca dan memahami surat-surat Nya
Allah menurun kan ayat-ayat Alquran yang menjadi surat Nya buat hamba-hamba Nya untuk di pahami dimana Al-Quran penuh dengan keindahan.

3. Mengingat dan mendekati Nya
"Dan ingatlah kepada Robb mu sebanyak-banyaknya serta bertasbilah di waktu petang dan pagi hari.," (QS. Ali Imron[3]:41)

4. Mengenang atas pemberian Nya
"Katakanlah : "Kepunyaan siapakah apa yang ada di langit dan di bumi?"Katakanlah:"Kepunyaan Allah". Dia telah menetapkan(mewajibkan) atas diri Nya memberi kasih sayang. Dia sungguh-sungguh akanmenghimpun kamu pada hari kiamat yang tidak ada keraguan terhadapnya. Orang-orang yang merugikan dirinya, mereka itu tidak beriman." (QS.Al-An`am[6]:12

No comments: